6 Tips Mencari Tempat untuk Pesantren Kilat yang Sesuai Selama Ramadhan

 Pesantren Kilat

Kegiatan Wisata Outbound di Bogor - Melakukan kegiatan organisasi atau kelompok yang bermanfaat merupakan kegiatan positif yang perlu didorong pelaksanaannya. Salah satu contohnya adalah kegiatan pesantren kilat yang sering diadakan selama bulan Ramadhan. Kegiatan pesantren kilat biasanya dilakukan oleh banyak orang baik sebagai murid atau santri maupun sebagai pengajar atau ustadz. Untuk bisa melakukan kegiatan tersebut dan mengambil manfaatnya, pesantren kilat harus diadakan secara khusuk di tempat yang sesuai. Tempat untuk pesantren kilat sebaiknya jauh dari perkampungan atau perkotaan agar santri bisa berkonsentrasi pada apa yang diajarkan untuk mendapatkan manfaatnya.

Ketika mengadakan pesantren kilat saat bulan Ramadhan, berarti kegiatan tersebut dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Oleh karenanya akan sangat baik jika lokasi pesantren kilat sekaligus bisa mendukung kegiatan ibadah puasa dengan memilih lokasi yang jauh dari pusat kota. Pemilihan lokasi ini akan menjauhkan santri dari godaan yang bisa membatalkan puasa dan menjauhkan konsentrasinya dari pelajaran yang diberikan saat melaksanakan kegiatan pesantren kilat.

Untuk memilih lokasi pesantren kilat yang sesuai, berikut ini adalah point-point yang perlu Anda periksa terlebih dahulu:

1. lokasi dari keramaian.
Untuk mendapatkan tempat yang nyaman dan damai dari pengaruh luar, sebaiknya memilih tempat yang jauh dari kebisingan kota. Diharapkan dengan memilih lokasi yang jauh dari kota dan pemukiman, Anda dan peserta pesantren kilat lainnya akan bisa lebih khusyuk beribadah dan berkonsentrasi dalam mendapatkan ilmu di pesantren kilat tersebut.

2. Terdapat sarana belajar
Kegiatan pesantren kilat adalah kegiatan belajar mengajar sehingga pasti membutuhkan sarana dan prasarana belajar mengajar yang memadai seperti kelas, meja dan kursi serta papan tulis atau white board.

3. Sarana ibadah.
Akan aneh jika melakukan kegiatan pesantren kilat di tempat yang tidak memiliki sarana ibadah seperti masjid atau Mushola. Sebelum memilih dan membooking tempat untuk pesantren kilat, pastikan Anda melakukan survey terlebih dahulu sehingga mengetahui ada tempat ibadah yang bisa digunakan.

4. Lokasi aman dan nyaman.
Kegiatan pesantren kilat biasanya dilakukan dengan cara siswa menginap bersama sehingga dapat melakukan ibadah dari makan sahur hingga tarawih bersama. Untuk itu pastikan pada santri nantinya akan mendapatkan tempat belajar dan istirahat yang aman dan nyaman selama kegiatan pesantren kilat dilakukan.

5. Suasana alam.
Akan menjadi nilai positif jika Anda dan para santri melakukan kegiatan pesantren kilat di tempat yang dekat dengan alam. Suasana alam yang damai dan tenang akan menambah kecintaan terhadap Sang Pencipta dan rasa syukur yang dapat mengkhusyukkan ibadah.

6. Ketersediaan makanan.
Ketersediaan makanan yang cukup dan sehat menjadi lebih penting terutama saat para santri menjalankan ibadah puasa. Karenanya kegiatan pesantren kilat tak sebaiknya dilakukan di area pendakian gunung apalagi jika santri adalah para anak kecil.

Itulah beberapa point yang perlu di perhatikan sebelum Anda memilih tempat untuk pesantren kilat yang tepat. Tak perlu bingung untuk menemukannya karena ada Grey Adventure yang bisa mengakomodir berbagai keperluan Anda dan para santri di kegiatan pesantren kilat di bulan Ramadhan. Grey Adventure terletak di kota bogor dengan pemandangan alam yang luar biasa sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap Sang Pencipta. Terdapat ruangan yang bisa Anda sulap menjadi kelas lengkap dengan sarana dan prasarana yang mendukung. Selain untuk keperluan pesantren kilat, kegiatan kerohanian yang lain seperti pengajian dan retreat juga bisa dilakukan di sana dengan nyaman dan aman.

Diberdayakan oleh Blogger.